Tuesday 28 February 2017

Inilah Tank Termahal di Dunia


K2 Black Panther, tank tempur utama Korea Selatan, diyakini menjadi tank paling mahal di dunia, ketika awalnya dikembangkan tujuh tahun lalu, menurut situs Guinnessworldrecords.com.

Tank ini dibanderol harga US$8,5 juta dolar meski sulit untuk mengatakan apakah harga tersebut akurat. Tetapi fitur tank dan persenjataannya memang cukup mengesankan. Tank memiliki meriam smoothbore 120mm kaliber 55 dengan 40 putaran.

Tank ini juga memiliki persenjataan sekunder yang terdiri dari senapan mesin berat K6 12,7 mm dengan 3.200 putaran dan senapan mesin koaksial 7.62mm dengan 12.000 putaran.


Tank dapat berjalan pada kecepatan tertinggi 70 kilometer per jam dan dapat berakselerasi dari nol sampai 32 kilometer per jam hanya dalam tujuh detik. Kisaran operasional adalah 450 kilometer. Kendaraan bisa menyeberang sungai sedalam lima meter menggunakan sistem snorkeling, yang juga berfungsi sebagai menara komando untuk komandan tank.

Selain itu, K2 dilengkapi dengan sistem kontrol tembakan canggih yang terhubung dengan sistem radar Extremely High Frequency di frontal arc of the turret dengan traditional laser rangefinder dan crosswind sensor. Sistem ini mampu beroperasi dalam mode “lock-on yang dapat memperoleh dan melacak target spesifik pada jarak 9,8 kilometer menggunakan kamera thermographic.


Produksi massal dari tank ini dimulai pada 2013. Awalnya, 680 tank akan dibangun untuk Angkatan Darat Korea Selatan, tetapi jumlah itu dikurangi hanya menjadi 390.

0 comments:

Post a Comment