Monday 27 February 2017

Apa Sebenarnya Kelompok Tempur Kapal Induk itu?


Jika mendengar kapal induk sebenarnya tidak bisa hanya berhenti pada sebuah kapal besar saja. Karena kapal ini tidak pernah beroperasi sendirian. Ke manapun dia melakukan operasi, selalu disertai dengan sejumlah kapal lain yang kemudian dikenal dengan istilah kelompok tempur.

Kenapa harus demikian?, Bukankah kapal induk merupakan kapal dengan teknologi tinggi?. Jawabannya justru itu. Kapal induk merupakan kapal supermahal dengan teknologi tinggi. Merupakan resiko tinggi untuk melepas kapal ini sendirian di tengah lautan. Sehingga kelompok tempur menjadi bagian penting untuk melindungi kapal induk sekaligus sebagai bagian kemampuan gempur mereka terhadap lawan.

Sebuah kapal induk memungkinkan angkatan laut AS untuk memindahkan seluruh bandara, bersama dengan 70 sampai 80 jet tempur, pebom dan pesawat dukungan, dilautan mana saja didunia ini.

Kemampuan ini memberikan fleksibilitas yang luar biasa bagi Amerika Serikat, karena tidak ada kebutuhan untuk perjanjian atau izin dari negara lain mengingat mereka beroperasi di perairan internasional.

Dengan kecepatan sekitar 700 mil laut per hari dan berbasis di pantai timur Amerika Serikat dan di Hawaii, kapal induk dapat tiba di manapun di dunia dalam waktu kurang dari dua minggu.

Karena begitu berharga, kapal induk juga akan menjadi target yang diincar oleh musuh. Apalagi dengan bentuknya yang besar menjadikan mereka adalah target yang sangat jelas bagi pasukan musuh.

Kapal induk juga besar dan tidak mungkin untuk menyembunyikan diri dengan aman. Untuk itulah kapal induk selalu dikawal dengan kapal lain.

Lantas apa saja yang tergabung dalam kelompok tempur kapal induk?. Untuk lebih mudahnya kita akan mengacu pada Amerika yang memiliki kapal induk terbanyak di dunia. Kelompok tempur ini juga diadopsi dengan tidak jauh beda oleh negara lain yang memiliki kapal induk.

KELOMPOK TEMPUR KAPAL INDUK


Angkatan Laut AS membentuk kelompok tempur kapal induk berdasarkan misi. Oleh karena itu, tidak ada dua kelompok tempur yang sama. Bisa berubah-ubah setiap saat. Namun, kelompok pembawa pertempuran khas terdiri dari kapal berikut:


Dua kapal penjelajah dipandu-rudal


Ini adalah kapal ofensif yang sarat dengan rudal jelajah untuk menyerang sasaran permukaan.

Dua kapal perusak


Lebih untuk memenuhi kebutuhan pertahanan atau defensif. Mereka bertugas untuk melawan serangan kapal selam maupun pesawat.

Satu frigat


Frigat ini digunakan untuk pertahanan anti-kapal selam termasuk memburu dan menghancurkan.

Dua kapal selam


Kapal selam adalah kapal defensif yang dapat menyerang kapal musuh dan kapal selam.

Kapal pasokan logistik


Kapal pasokan membawa bahan bakar, makanan dan amunisi untuk kelompok.


Mungkin ada kapal lain yang masuk dalam kelompok tempur misalnya masuknya kapal amfibi untuk marinir, kapal kargo yang membawa tank dan peralatan lainnya, penyapu ranjau, dll Itu semua tergantung pada misi.

0 comments:

Post a Comment