Tuesday 28 February 2017

Tak Ada Celah di Langit Laut Hitam, BUK-M2 Bergabung dengan S-300 dan S-400 di Crimea


Rusia terus memperkuat gelembung anti access/area denial (A2/AD) mereka. Meski sudah menempatkan sistem rudal pesisir antikapal K-300P Bastion-P dan rudal permukaan ke udara S-300 dan S-400, Rusia akan menambah dengan mengerahkan rudal BUK di Crimea untuk melindungi kapal permukaan dan kapal selam mereka terhadap drone dan rudal jelajah. Hal ini jelas menjadikan Laut Hitam menjadi wilayah yang semakin sulit ditembus kapal Amerika Serikat dan NATO.

Koran Izvestia mengutip ahli militer menulis BUK yang akan bergabung dengan Bastion, S-300 dan S-400 di Crimea akan mampu mengamankan wilayah udara di atas semenanjung dan Laut Hitam.

Resimen pertahanan udara 1096, yang berbasis di Sevastopol, akan menerima batch awal rudal BUK-M2 dan selanjutnya versi yang lebih canggih yakni BUK-3MS akan dikirim selanjutnya. Resimen 1096 saat ini dipersenjatai dengan sistem rudal permukaan ke udara jarak pendek Osa.

Buk-M2 memiliki rudal baru dan radar bertahap generasi ketiga untuk kontrol penembakan. Radar ini dapat melacak 24 target dan menyerang empat target secara bersamaan.

BUK-M2 mampu menembak jatuh pesawat dan drone pada jarak 3-45 kilometer dan rudal jelajah pada jarak hingga 20 km dan bahkan mampu menembak pesawat yang terbang pada ketinggian 25 km.

Sementara sistem rudal Osa memiliki jangkauan horisontal maksimum 10 kilometer dan serangan vertikal lebih dari 5 kilometer.

Resimen 51 Angkatan Udara Rusia juga dikerahkan di Crimea, dipersenjatai dengan S-300 dan S-400 dan Pantsir.

“Resimen pertahanan udara dari divisi 51 mengamankan infrastruktur strategis di Crimea,” ahli militer independen Anto Lavrov mengatakan kepada Koran Izvestia Senin 27 Februari 2017.


“Resimen 1096 akan melindungi fasilitas darat dan kapal  dari  Armada Laut Hitam. Bersama-sama, unit-unit ini dapat memberikan pertahanan berlapis di Crimea dan seluruh Laut Hitam dari serangan lawan berteknologi tinggi,” katanya.

0 comments:

Post a Comment