Saturday 25 February 2017

Inilah Rahasia Sesungguhnya Untuk Menjaga F-22 dan F-35 Tetap Siluman


Meski pilot jet tempur siluman seperti F-35 dan F-22 yang sering mendapat sorotan, kru darat sebenarnya menjadi pihak yang paling berjasa dalam menjaga pesawat ini tetap memiliki sifat siluman. Tanpa perawatan yang tepat pada kulit mereka, sifat siluman pesawat akan turun dan tentu menjadi sangat rentan untuk bisa dideteksi radar lawan.

“Jika pilot dilihat oleh radar, ia bisa ditembak jatuh,” kata Senior Airman Joshua Moon, dari  192nd Fighter Wing low observables (LO) Angkatan Udara Amerika Serikat  dalam rilis Angkatan Udara yang dikeluarkan selama layanan Red Flag latihan di Nevada.

 “Jika dia tidak terlihat radar, dia bisa melakukan misinya, pergi di belakang garis musuh, dan musuh bahkan tidak tahu keberadaan mereka sampai benar-benar terlambat. Tanpa kita, dia (jet siluman) akan bisa dilihat dan ditembak jatuh. ”

Jika kru darat mampu mengganti bagian atau membuat perbaikan lain, tim  LO  memiliki pekerjaan yang sulit karena memastikan pesawat tempur generasi kelima tetap tersembunyi setelah perbaikan selesai.

“Ketika pemeliharaan mereka harus membongkar beberpa panel sehingga merusak lapisan penyerap radar. Setelah panel dipasang lagi harus kembali dipasangi bahan anti radar dan setelah itu pesawat baru 100 persen siap,” katanya, Sabtu 25 Februari 2017.


0 comments:

Post a Comment