Monday 27 February 2017

Desain Frigat Trimaran China Mirip Kelas Independence


Sebuah desain kapal baru yang dibangun untuk Angkatan Laut China tampak sangat mirip dengan kapal tempur pesisir atau littoral combat ship (LCS) milik Angkatan Laut Amerika Serikat. Kapal menggunakan desain trimaran tiga lambung yang mirip dengan LCS Kelas Independence.

Sebuah model dari desain kapal baru ini dipamerkan oleh China Shipbuilding Trading Company di IDEX 2017 yang berlangsung di Abu Dhabi. Menuru Jane Defense Weekly, kapal diperkirakan akan memiliki 2.450 ton dan panjang 465 kaki.


Kapal ini didukung oleh mesin diesel yang memberikan kecepatan jelajah 25 knot dan kemampuan sprint antara 30 dan 35 knot. Kapal akan memiliki awak lebih dari 100 orang.

Kapal ini akan dilengkapi senjata berat untuk ukuran kapal yang relative kecil yakni akan mengemas meriam 76 milimeter di haluan, dengan 16 atau 32 silo peluncuran rudal vertikal. Kapal juga memiliki dua kotak peluncur yang masing-masing berisi empat rudal anti-kapal, dua sistem senjata jarak dekat 30 milimeter, dan sepasang peluncur roket decoy untuk menipu rudal yang masuk. Kapal ini dibangun untuk bisa membawa hingga dua helikopter dengan dua hanggar dan landasan helikopter yang cukup besar.

Kapal ini sangat, sangat mirip dengan LCS Kelas Independence Angkatan Laut Amerika Serikat. Berat keduanya hampir sama, tetapi Independence 50 kaki lebih pendek. Jumlah kru Kelas Independence juga 39 persen lebih sedikit.

Independence Class

Tetapi Kelas Independence akan lebih mampu cepat berlari dalam jarak pendek dengan kecepatan 45 knot. Versi dasar dari trimaran Angkatan Laut Amerika hanya memiliki satu meriam 57 milimeter ditambah dua senjata yang lebih kecil yakni 30 milimeter. Sebuah versi upgrade terbaru menambahkn kapal dengan rudal anti permukaan Hellfire dan rudal anti-kapal over the horizon. Tetapi versi terbaru dari kapal ini kemungkinan baru akan mulai dibangun tahun depan.

Tidak jelas kenapa Angkatan Laut China ingin membangun kapal model ini. Mereka saat ini telah memiliki Type 054A Jiangkai II. Meski Type 054A 50 persen lebih besar dalam hal tonase dibandingkan desain trimaran baru, jalur perakitan sudah dimulai dan berjalan bahkan telah menghasilkan 23 frigat.

Lambung trimaran menawarkan stabilitas meningkat di laut lepas dan lambung yang lebih luas untuk mengakomodasi side by side hanggar pesawat.


Ini bukan trimaran pertama China. Kapal penyelamatan Type 917 yang melayani Armada Utara dan Timur China juga menggunakan konfigurasi tiga lambung.

Type 917

0 comments:

Post a Comment