Saturday 25 February 2017

Rusia Bangun Rudal Super Jarak Jauh untuk Blackjack


Lembaga Scientific Research Institute of Aviation Systems (GosNIIAS)  Rusia sedang membangun rudal jelajah jarak super jauh yang akan disematkan ke pembom paling canggih mereka Tu-160 Blackjack.

First Deputy of the General Director and Supervisor of Studies GosNIIAS  Evgeny Fedosov dikutip Rossiyskaya Gazeta Sabtu 25 Februari 2017 mengatakan  karakteristik teknis dari rudal baru ini masih dirahasiakan. Namun dia  menambahkan bahwa versi sebelumnya dari senjata yang dibangun ini membawa muatan konvensional, dengan jangkauan hingga 3.000 kilometer (lebih dari 1.864 mil). Versi baru ini dipastikan akn memiliki jangkauan yang secara signifikan lebih jauh.

Pengembangan rudal baru ini mencerminkan tren yang lebih luas dalam pendekatan Rusia dalam perang yang melihat Angkatan Bersenjata Rusia menekankan pada sistem jarak jauh yang dirancang untuk mengimbangi sistem pertahanan udara lawan.

“Jika itu adalah soal serangan nuklir strategis, maka setidaknya satu rudal akan bisa mencapai target. Ini akan cukup,” kata Fedosov.

Rudal baru akan dipasang ke Tu-160M, pesawat pembom supersonic terbesar yang pernah dibangun di dunia. Versi terbaru dari pesawat yang juga dikenal dengan sebutan White Swan direncanakan akan masuk layanan pada 2020.

Tu-160 mampu membawa rudal jelajh Raduga Kh-55SM, Kh-101, Kh-102 atau Kh-555  dan rudal nuklir jarak pendek Kh-15 Raduga. Kh-101 diyakini memiliki jangkauan maksimum 5.500 kilometer, sedangkan pesawat  memiliki jangkauan maksimum 12.300 km tanpa pengisian bahan bakar.


0 comments:

Post a Comment