Tuesday 28 February 2017

Untuk Cari Dana Perang, Amerika Pamerkan U-Boat di New York


Sebelum Amerika Serikat terlambat masuk ke dalam Perang Dunia I, pemerintah federal menyusun rencana untuk membiayai upaya perang besar-besaran. Sepertiga dari dana yang akan didapat dari pengenaan pajak progresif, sementara dua pertiga akan diperoleh melalui penjualan “Liberty Bonds” atau “Obligasi Liberty” kepada rakyat Amerika.

Untuk meyakinkan masyarakat mau membeli obligasi tersebut, pemerintah memulai kampanye publisitas dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Jutaan billboard, brosur dan iklan bermunculan di seluruh negeri, mendesak para patriotik Amerika untuk membuktikan pengabdian mereka ke negara dengan meminjamkan dolar mereka untuk perang.

25 Oktober 1917 adalah “Liberty Day” di New York City. Sebuah bomber tiga mesin Caproni terbang rendah di antara gedung pencakar langit, menjatuhkan bom kertas dengan pesan “A Liberty Bond in your home will keep German bombs out of your home.”


Untuk menarik perhatian sebuah kapal selam U-Boat Jerman yang berhasil ditangkap dipasang di Central Park New York. Selain itu juga ditampilkan tank Inggris.


Bangkai kapal selam terdampar itu kemudian diberi nama  “U-Buy-A-Bond” untuk menarik orang membuka dompetnya guna membeli obligasi.


0 comments:

Post a Comment