Thursday 10 November 2016

Iran Membangun Catamaran Besar Berkecepatan Tinggi

Iran sedang membangun kapal perang catamaran dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan  rencana awal, kapal itu diresmikan pada bulan September, seperti yang dilaporkan Tasnim News Agency, dikutip dari Komandan Angkatan Laut Pengawal Revolusi Islam (IRGCN), Laksamana Ali Fadavi, pada 8 November.
Catamaran Shahid Nazeri
Catamaran diresmikan di pelabuhan Teluk Bushehr pada 13 September dan diberi nama Shahid Nazeri, seorang komandan pasukan khusus IRGCN yang meninggal awal tahun ini. Kapal memiliki bridge, dek penumpang dan deck helikopter di atas dua lambung sempit yang tampak tidak proporsional dengan panjang kapal.
Laksamana Fadavi mengatakan bahwa kapal kecepatan tinggi ini memiliki panjang 55 m, terbuat dari aluminium, mampu membawa 100 penumpang dan helikopter serta memiliki jangkauan operasional 10.000 km.
Ini adalah peningkatan yang signifikan dari kapasitas kapal yang ditampilkan dalam dalam poster Sadra Marine Industrial Company yang ditampilkan di pameran IRGCN pada bulan Oktober 2015, yang hanya mampu membawa 55 penumpang.

Dari poster itu juga bisa dilihat kapal menggunakan high-aspect ratio twin-hull (HARTH), desain yang bertujuan untuk mencapai stabilitas tingkat tinggi dengan rancangan minimal.
Kapal diklaim dapat menembus gelombang setinggi 6 m meskipun hanya memiliki draft 1,5 m dan displacement 240 ton (tidak jelas 240 ini apakah mengacu berat atau panjang). Menurut poster itu, kapal ditenagai oleh dua mesin MTU 396 dan mampu mencapai kecepatan 27 kt.
Laksamana Fadavi mengatakan versi yang lebih besar akan digunakan untuk misi khusus yang tidak ditentukan di perairan internasional.

0 comments:

Post a Comment