Monday 14 November 2016

Kelas Hobart Jadi Kunci Kekuatan Anti-Udara Australia

Angkatan Udara Australia boleh saja kuat, tetapi faktor kunci pertahanan Australia, bukan pada mereka. Kekuatan anti udara menjadi faktor kunci dan untuk ini mereka mengandalkan sebuah kapal yang dikenal sebagai Kelas Hobart.


Destroyer Kelas Hobart dibangun sebagai pengganti kapal kelas Perth yang bertugas di Angkatan Laut Australia sampai 2001. Peran utama dari kelas Hobart adalah untuk menyediakan pertahanan udara untuk armada Angkatan Laut dan daratan dari pesawat dan rudal musuh.
Kapal ini pada hakikatnya adalah Arleigh Burke mini dalam fungsi dan desain didasarkan pada kelas Álvaro de Bazán Spanyol. Persenjataan utama untuk anti udara terdiri dari 48 cell Mk 41 VLS untuk membawa rudalpermukaan ke udara SM-2, SM-6 dan rudal ESSM. Konfigurasi biasanya akan membawa 32 SM-2, 8 SM-6 dan 32 ESSM (4 rudal per cell).


Persenjataan ini akan memberikan Hobart dengan sistem pertahanan udara berlapis dengan jumlah rudal yang banyak dan kemampuan untuk menyerang target udara pada jarak lebih dari 350 km hingga 1 km.
Rudal rentang ultra panjang SM-6 akan menjadi game changer karena jangkauannya yang akan memungkinkan 3 kapal untuk melindungi seluruh garis pantai Australia Utara dalam mode pertahanan udara jaringan.
Satu CIWS Phalanx disediakan sebagai benteng pertahanan terakhir untuk melumpuhkan rudal jelajah.


HMAS Hobart diluncurkan Mei 2015. Kapal ini ditugaskan dengan peran skunder sebagai anti-kapal selam dan anti-permukaan dengan membawa beban senjata yang layak untuk melakukan pekerjaan mereka secara efisien.
Sebanyak 8 rudal anti-kapal Harpoon digunakan untuk perang anti-permukaan dan dua tabung torpedo ringan dipasang untuk melepaskan torpedo MU-90. Selain itu dua meriam M242 Bushmaster 25mm yang dipasang bisa untuk melawan ancaman permukaan jarak dekat seperti kapal kecil.


Sama seperti Arleigh Burke, Hobart memiliki sistem tempur Aegis dengan radar SPY-1D S-band yang dapat mencari dan melacak target udara dan permukaan dengan rentang lebih dari 300 km.
Radar SPQ-9B X-band adalah tambahan unik yang akan membantu dalam deteksi dini rudal yang berjalan sea skimming atau di atas permukaan laut. Kapal juga memiliki hanggar untuk 1 helikopter S-70B Seahawk yang akan digunakan untuk untuk peran utilitas dan ASW.

SPY Radar SPQ-9B
Dengan harga masing-masing sekitar $3 miliar USD, Kelas Horbart menjadi kapal paling mahal dari jenis mereka. Tiga kapal ini akan memainkan peranutama selama 30 tahun ke depan dan sepertinya sulit mencari yang setara di wilayah kawasan.

0 comments:

Post a Comment