Sunday 20 November 2016

Puskes TNI, Institusi Pengobatan Militer Yang Diperhitungkan Dunia


Delegasi Indonesia yang dipimpin Kapuskes TNI, Mayjen TNI dr. Ben Yura Rimba MARS, menghadiri konferensi The International Committee on Military Medicine (ICMM) yang diadakan di Yordania, 15-20 November.
Sebelumnya, ia juga menghadiri kegiatan serupa yang diadakan untuk kawasan Amerika di Mexico, The 8th ICMM Pan-American Congress on Military Medicine pada 7-9 November.

Kongres diikuti 250 peserta dari 17 negara anggota Pan-American Region: Argentina, Bolivia, Brasil, Kanada, Chile, Kuba, Dominika, El Salvador, Haiti, Honduras, Meksico, Nikaragua, Paraguay, Peru, Amerika Serikat, Uruguay dan Venezuela. Selain itu, juga diikuti negara anggota ICMM lain, yaitu Rusia, Mali, Belgia, Belanda, dan Indonesia.

Pada kegiatan yang dilaksanakan di Club Naval de Norte, Mexico City, Ketua ICMM Dunia Mayjen TNI dr. Terawan Agus Putranto, SpR menyampaikan keynote speech dengan tema Intervention and Projection of Naval Health Service in the Armed Forces. Ia juga menyampaikan peran serta Indonesia dalam mendukung kesehatan militer regional dan dunia serta pentingnya kebersamaan negara anggota Pan Amerika dalam menghadapi tantangan di bidang kesehatan umum dan militer baik di tingkat regional maupun global.

Pada kegiatan ilmiah (scientific session) tersebut, Indonesia menampilkan beberapa pemapar ilmiah, antara lain Kol dr. Iwan Trihapsoro, SpKK, SpKP dengan materi The role of Indonesian Defense Force (TNI) in medical services in overseas and outer island, friendship and medical diplomacy, dan Kol dr. Arie Zakaria, SpOT dengan materi The role of KRI dr Soeharso in Military Operation Other Than War.

0 comments:

Post a Comment