Friday 18 November 2016

Tu-95 Paling Canggih Debut di Pertempuran Suriah


Sebuah pembom strategis Tupolev Tu-95MSM yang merupakan varian upgrade paling canggih untuk kali pertama melakukan debut tempurnya. Pesawat melakukan serangan ke Suriah dengan menggunakan rudal jelajah X-101.

Dalam video yang dirilis di Youtube Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan dalam misi pertama tersebut pembom era Perang Dingin tersebut menghancurkan benteng kelompok pemberontak di Suriah.
Sebelumnya tidak ada laporan penyebaran bomber varian ini ke Suriah. Beberapa Tu-95 memang terlibat dalam serangan jarak jauh, tetapi bukan varian Tu-95MSM.

Angkatan Aerospace Rusia untuk pertama kalinya memasukan upgrade Tupolev-95MSM ke layanan pada bulan Agustus 2015. Hal Pesawat ini menerima codename Dubna, setelah sebuah kota di wilayah Moskow, yang merupakan pusat penelitian nuklir di Rusia.

Dalam Video tersebut menunjukkan bahwa sedikitnya dua pembom lepas landas dari sebuah pangkalan udara Rusia. Tampak juga keluarga Tu-95 yang lebih tua, Tu-95MS dengan kode Vorkuta, bergabung dengan bomber modern pada penerbangan ke Suriah.

0 comments:

Post a Comment