Thursday 10 November 2016

India Setuju Beli Tank T-90 Rusia Senilai $2 Miliar USD


India telah menyetujui proposal pertahanan senilai lebih dari 13.448 Crore atau senilai $2 miliar USD untuk pengadaan lebih dari 400 tank. Persetujuan awal telah diberikan untuk pengadaan 464 tank T-90 di bawah inisiatif Make in India pemerintahan Modi. Tank tersebut, setelah kesepakatan dengan Rusia, akan diproduksi di Ordnance Factory Board di India.

Selain memungkinkan India untuk memiliki senjata yang ampuh, akuisisi tank T-90 tersebut akan membantu India untuk memperingatkan negara tetangganya Pakistan akan kemampuan India.
Angkatan Darat India telah memiliki tank tempur utama T-90, yang dirakit di Avadi Heavy Vehicles Factory. Tapi versi modern yang akan dibeli India akan memiliki thermal imaging night vision camera bersama dengan sejumlah perangkat countermeasure lainnya, menurut Financial Express. Oleh karena ini tank baru itu akan memiliki kemungkinan lebih kecil dapat tertembak oleh musuh.

T-90 akan menjadi kekuatan pengganda untuk Angkatan Darat India. T-90 baru akan menggantikan armada tank T-72, kata Brigadier (Purn) Gurmeet Kanwal, anggota kehormatam Lembaga Studi dan Analisis Pertahanan (Institute for Defence Studies and Analyses - IDSA). Tank T-90 upgrade tersebut juga memiliki kemampuan tempur malam.

Manoj Joshi, anggota kehormatan Observer Research Foundation (ORF) menjelaskan, setiap negara membutuhkan kendaraan lapis baja untuk penetrasi jauh ke dalam wilayah musuh, tetapi mengingat Pakistan memperkuat senjata nuklirnya, pilihan tersebut menjadi tidak memungkinkan.
Namun, India harus mengembangkan armada lapis bajanya, mengingat Pakistan melakukannya juga. Jadi akuisisi untuk tambahan armada T-90 menjadi masuk akal," kata Joshi.
T-90 yang diupgrade tersebut juga dilengkapi dengan sistem perlindungan diri, memungkinkan tank untuk menggagalkan rudal anti-tank yang diarahkan kepadanya.

0 comments:

Post a Comment