Wednesday 16 November 2016

3 Bangkai Kapal Perangnya Hilang di Laut Jawa, Belanda Minta Ada Investigasi

Hr.Ms. De Ruyter

Tiga bangkai kapal perang Belanda Hr.Ms. De Ruyter, Hr.Ms. Java dan Hr.Ms. Kortenaer di dasar Laut Jawa hilang. Kabinet Belanda menyebut ini pelanggaran hukum internasional dan minta dilakukan investigasi.

Hr.Ms. Java

Hilangnya ketiga bangkai kapal perang Belanda tersebut mendapat perhatian nasional di Belanda dan menjadi headline dalam siaran berita televisi publik NOS, Selasa petang atau Rabu (16/11/2016) WIB.

"Kita tentu sangat terkejut, sama sekali tidak menduga. Terutama bagi para keluarga prajurit yang gugur ini merupakan kabar sangat negatif," ujar Theo Vleugels dari Yayasan Taman Makam Pahlawan.
Bagaimana tiga bangkai kapal perang itu bisa hilang?, Siapa yang mengambil?. Vleugels mengaku tak bisa membayangkan. "Ini kapal-kapal yang luar biasa besar, pada kedalaman yang tidak semua orang bisa menjangkau," imbuh Vleugels.

Sementara itu menurut Kementerian Pertahanan Belanda, dua dari tiga bangkai kapal perang tersebut yakni Hr.Ms. De Ruyter dan Hr.Ms. Java hilang seluruhnya. Sedangkan kapal Hr. Ms. Kortenaer masih ada sisanya sebagian.
Kabinet Belanda, dilansir NRC, menyampaikan keprihatinannya dan menyebut penjamahan atas ketiga bangkai kapal perang tersebut sebagai pelanggaran hukum internasional. Mengenai kejadian ini, Belanda telah memberi tahu negara-negara terkait antara lain Amerika Serikat, Inggris, Australia dan Indonesia. Selanjutnya Belanda mengupayakan investigasi atas hilangnya ketiga bangkai kapal perangnya itu.

Sebelumnya ketiga bangkai kapal perang Belanda itu berhasil ditemukan kembali pada tahun 2002 dan saat ini kapal induk Angkatan Laut Belanda Dana Karel Doorman bermaksud memastikan lokasinya. Namun para penyelam internasional hanya menemukan jejaknya saja.

Hr.Ms. Kortenaer

Ketiga kapal perang Belanda Hr.Ms. De Ruyter, Hr.Ms. Java dan Hr.Ms. Kortenaer tenggelam pada 'Pertempuran Laut Jawa 1942' dalam upaya membendung invasi Jepang dari arah Jawa Timur. Seluruh 1.174 prajurit Angkatan Laut Belanda gugur termasuk komandannya, Laksamana Muda Karel Doorman. 
Laksamana Muda Karel Doorman kini diangkat sebagai pahlawan nasional, namanya diabadikan sebagai nama kapal dan menjadi nama jalan di berbagai kota di Belanda.

0 comments:

Post a Comment