Tuesday 15 November 2016

Karakut, Korvet Kecil Tetapi Mampu Menggigit Dengan Rudal Jelajahnya


Galangan Kapal Zelenodolsk Plant telah menerima perintah lain untuk membagun lima kapal rudal kecil serbaguna Project 22800. Kapal generasi baru ini memiliki perpindahan dari 800 ton, panjang 65 meter, lebar 10 meter, dan memiliki draft 4 meter. Kapal memiliki kecepatan maksimum 30 knot, daya jelajah hingga 2.500 mil laut, dan dapat tinggal di laut sampai 15 hari pada suatu waktu.


Kapal baru akan ditugaskan untuk Armada Laut Hitam. Yang pertama dari mereka akan diserahkan kepada Angkatan Laut pada 2018 dan yang terakhir pada 2021. Kapal-kapal akan dilengkapi dengan rudal jelajah Kalibr yang dirancang untuk Proyek 21631 kapal rudal kelas Buyan-M yang juga dibangun di Zelenodolsk. Kapal terakhir juga mengalami perkembangan baru di mana dirancang khusus untuk Laut Kaspia dan hilir Volga.

Karakut dilengkapi dengan Pantsir-M,versi angkatan laut dari Pantsir-S1 dikombinasikan rudal permukaan ke udara dan sistem artileri anti-pesawat yang diproduksi oleh KBP Instrument Design Bureau. Karakut juga menggunakan peluncur 3S13, yang memungkinkan kapal untuk menggunakan rudal anti-kapal Onyx dan rudal jelajah Kalibr-NK. 

Dengan melihat rudal jelajah yang dibawa, memiliki jangkauan efektif meliputi sebagian besar Eropa dan sebagian besar Timur Tengah, wartawan menyebut bahwa kemampuan untuk melawan musuh dari jarak jauh tentu penting, meski ini bukan fungsi langsung dari korvet kecil.
Kapal kelas ini digunakan untuk misi pengawalan, patroli dan untuk peperangan anti-kapal dan guna mempertahankan wilayah udara di sekitar pangkalan angkatan laut. mereka tentu saja bukan perusak, tapi untuk operasi taktis, mereka optimal,” tulisnya.

Dengan kecepatan 30 knot, Karakut adalah kapal cukup cepat, dan akan dapat menyebabkan masalah serius bagi musuh dengan bantuan rudal anti kapal jarak menengah P-800 Onyx. senapan otomatis k100 mm (mungkin A-190 Burevestnik) akan menjadi kekuatan penting untuk setiap konflik perbatasan.

Karakut mungkin kecil, tapi pasti akan dapat “menggigit” kapal yang bahkan berukuran penjelajah. Pada saat yang sama, kapal rudal kecil yang cocok untuk berpatroli karena ukurannya yang kecil, yang menyediakan profil rendah dan kemampuan manuver yang tinggi. Oleh karena itu, Karakut efektif baik sebagai kapal patroli, dan sebagai platform untuk Kalibr. Ditambah dengan desainnya yang modular, dimungkinkan untuk membuat kapal dalam beberapa versi yang berbeda.

0 comments:

Post a Comment