Helikopter
Mi-26 dan CH-47 adalah dua pesawat sayap putar ikonik yang dirancang oleh dua
pesaing utama selama Perang Dingin. Meskipun dirancang untuk angkat berat, dua
helikopter ini dirancang untuk dua peran yang berbeda.
Mi-26
dirancang untuk mengangkut divisi mekanik dan senjata taktis sedangkan yang
satu lagi dirancang untuk menjadi kuda pekerja bagi tentara AS dan pada
dasarnya sebuah truk udara yang bisa mengangkut berbagai barang.
Kedua
helikopter hingga saat masih dalam produksi setelah hampir 3-4 dekade
penerbangan pertama mereka dan telah diekspor ke berbagai negara. Mari kita lihat
perbandingan keduanya dengan adil.
IDEOLOGI
& DESAIN
Mi-26
Uni Soviet
memiliki wilayah yang luas dan sebagian besar tidak dapat diakses ketika musim
dingin yang ekstrem. Pasukan Soviet dilatih untuk beroperasi di daerah-daerah
sulit terutama di musim dingin karena dua kali catatan sejarah dingin Rusia
yang parah telah memberi mereka keuntungan atas musuh mereka dan memukul mundur
serangan musuh yang kredibel.
Mereka
menghadapi masalah dalam mengangkut amunisi, bahan bakar, senjata, pasukan,
bahkan senjata strategis dan taktis dalam jumlah besar untuk pos-pos tersebut.
Padahal pos-pos ini bisa menjadi kejutan besar dan mematikan bagi musuh yang menyerang.
Pada
1960-an, helikopter terbesar Mi-6 yang ada belum mampu menjawab kebutuhan
pasukan Soviet. Mereka membutuhkan helikopter baru. Biro Mil kemudian mulai
mengembangkan Mil V-12, helikopter terbesar yang pernah dirancang dan dibangun,
tapi akhirnya justru menjadi helikopter yang rawan karena desain yang sangat
kompleks. Helikopter itu seharusnya bisa membawa beban mengejutkan hingga 40
ton pada jarak lebih dari 100 kilometer.
Soviet
dengan cepat menyadari bahwa ini bukan yang mereka butuhkan. Sesuatu yang
sedikit lebih kecil dengan muatan sekitar 20 ton sudah cukup untuk mengangkut
kendaraan lapis baja ringan, atau sepasukan tentara. Persyaratan ini kemudian dijawab oleh Mil dengan Mi-26.
Helikpter yang memiliki volume internal yang besar, sehingga bisa membawa hulu
ledak, rudal, mesin, tank, bahan bakar untuk rudal balistik taktis atau
strategis atau rudal jelajah pada rentang 800km.
Biro desain
berjalan melalui beberapa desain, termasuk desain rotor tandem. Karena muatan
sangat tinggi, perakitan gear, drive shaft dan komponen lainnya akan menjadi
besar dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan desain rotor tunggal
konvensional.
Mereka juga
mempertimbangkan aspek pemeliharaan, seperti kebiasaan Soviet yang memiliki
kecenderungan merancang hal-hal berdasarkan utilitas murni dan kemudahan
pemeliharaan, maka diputuskan untuk beranjak dengan desain rotor tunggal. Mi-26
memasuki layanan pada awal tahun 1980-an dengan beberapa varian yang berbeda
dirancang untuk berbagai peran.
BOEING CH-47
Sekarang
mari lihat sejarah lahirnya Chinook. Piasecki helikopter telah berhasil
memproduksi dan menjual H-21 ke beberapa negara. Helikopter yang telah telah
membuktikan dirinya dalam pertempuran.
Setelah
dibeli oleh Boeing, di akhir 1950-an mereka mendapat permintaan dari Angkatan
Darat AS untuk sebuah helikopter baru yang bisa menggantikan armada Sikorsky
H-37. Helikopter H-37 menggunakan mesin ganda R-2800, yang juga digunakan
pesawat tempur legendaris era Perang Dunia II seperti P-47 Thunderbolt, F4U
Corsair dan F6F Hellcat.
Mesin piston
memiliki daya rendah untuk rasio berat dan karenanya helikopter generasi baru,
dimulai dengan UH-1 yang didukung oleh mesin turbo shaft yang pada dasarnya
mesin jet untuk memberikan output berupa gerakan berputar dari turbin yang
bukan knalpot di ujungnya.
Mesin ini
menawarkan kekuatan yang luar biasa untuk rasio berat, dan memungkinkan mesin
lebih kecil tetapi lebih kuat untuk dipasang pada helikopter generasi baru.
Angkatan
Darat Amerika menginginkan apa yang bisa disebut sebagai truk langit, yang bisa
membawa semua hal dalam kompartemen kargo, untuk secara cepat dipindah dari
satu lokasi ke lokasi lain. Desainer di Boeing melakukan penelitian menyeluruh
tentang apa yang dibutuhkan US Army, dengan melakukan wawancara dengan beberapa
komandan. Beberapa keinginan yang muncul dari wawancara itu adalah
- Pintu
kargo belakang
- Mesin
ditempatkan tinggi untuk menghindari FOD.
- Perawatan
mudah, bahkan dengan kargo dimuat.
- Cocok
untuk operasi kapal induk.
- Mengurangi
down wash.
- Kemampuan
untuk beroperasi dari permukaan air.
Setelah
pembahasan pada hampir 300 desain, mereka memilih desain rotor tandem yang
dinilai paling cocok untuk Angkatan Darat AS. Inilah yang kemudian melahirkan
CH-47.
KEMAMPUAN
Mi-26
Mi-26 ini
didukung oleh 2 mesin turboshaft besar D-136 yang mampu memproduksi lebih dari
11,000 hp setiap mesinnya. Turbin ini memutar sebuah rotor utama 8 berbilah
dengan diamater 32m. Ukuran kargo sekitar 15 × 3,2 × 3,15 meter, dan dapat
mengangkat lebih dari 20 ton payload baik di dalam teluk kargo atau digantung
di bawahnya.
Sebuah Mi-26
benar-benar dapat mengangkat 2 CH-47 jika diperlukan, meskipun Chinooks harus
membutuhkan modifikasi intens seperti penghapusan mesin, rotor, gear box dll
untuk dibawa Mi-26.
Mi-26 dapat
membawa sekitar 100 warga sipil atau 80 pasukan tempur dengan senjata lengkap.
Kendaraan lapis baja seperti BMD-4 dan BTR-80 dapat diterbangkan oleh
helikopter tersebut. Bayangkan sebuah kelompok yang terdiri dari beberapa Mi-26
mengirimkan seluruh unit mekanis siap tempur, dan membawa ke sebuah wilayah
yang paling tepat untuk menyerang musuh. Ini adalah mimpi buruk bagi komandan
di lapangan.
Dengan
jangkauan maksimum lebih dari 1800 km, helikopter ini sangat baik untuk
melakukan pekerjaan yang dirancang untuk mereka.
Helikopter
ini, meskipun besar dan mumpuni, setelah berakhirnya perang dingin tidak begitu
banyak digunakan dan akhirnya lebih menarik bagi perusahaan angkat berat di
seluruh dunia daripada angkatan bersenjata yang awalnya dirancang untuk
dilayani. Helikopter ini sebenarnya setara dengan airlifters strategis besar
tetap seperti C-5 yang berlebihan untuk operasi taktis yang umum dilakukan oleh
tentara.
CH-47
Rotor
kembarannya ditempatkan di ujung badan pesawat yang merupakan cara terbaik dan
efektif untuk bisa menggunakan semua
daya yang dihasilkan oleh mesin, daripada membuang-buang sekitar 15-30 persen
pada rotor ekor.
Didukung
oleh dua mesin turbo shaft Lycoming T55 helikopter ini dapat membawa sekitar 11
ton di teluk kargo atau di hook. Chinook juga memiliki kemampuan yang unik,
dengan membawa tiga beban dengan tiga kait berbeda di bawah badan pesawat.
Berkat desain rotor kembar, dapat menangani perubahan pusat gravitasi akibat
beban yang tidak tersandang di bawah tengah helikopter.
Kabin cukup
besar untuk 44 pasukan tempur. Helikopter juga telah digunakan sebagai dukungan
serangan selama perang Vietnam, ditunjuk sebagai ACH-47, helikopter
dipersenjatai dengan lima M60 atau M2S bersama dengan roket dipasang di stub
wing.
Helikopter
ini telah terbukti sebagai desain yang tidak pernah mati. Telah diproduksi
terus menerus selama lebih dari 50 tahun sejak tahun 1962 dengan beberapa negara memesan Chinooks untuk
menggantikan yang sudah ada atau menambah kemampuan angkat taktis baru.
Helikopter
ini juga digunakan untuk operasi khusus angkatan bersenjata Amerika Serikat.
Varian MH-47 dirancang khusus untuk misi ini, sementara varian terbaru yaitu
CH-47F yang diproduksi untuk peran taktis biasa.
0 comments:
Post a Comment