Tuesday 14 February 2017

LIPI: Batas Yang Belum Jelas Bisa Picu Ketegangan Indonesia Dengan Negara Tetangga


 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyatakan, belum jelasnya batas maritim Indonesia dan sejumlah negara tetangga menjadi penyebab munculnya ketegangan. Menurut LIPI, Indonesia masih membahas batas maritim dengan Malaysia dan Singapura.

”Belum jelasnya batas maritim memunculkan ketegangan antara Indonesia dengan beberapa negara, seperti benturan antarpatroli dengan Singapura di sekitar pulau Nipah, selat Singapura dan Insiden dengan China akibat tumpang tindih klaim atas Laut China Selatan,” kata pihak LIPI dalam sebuah pernyataan, Selasa (14/2/2017).

”Insiden terakhir terjadi pada Maret 2016 berupa intervensi kapal penjaga pantai China terhadap proses penangkapan kapal ikan berbendera China oleh kapal patroli Indonesia,” lanjut LIPI.

Korban utama dari ketegangan di perbatasan, kata LIPI, adalan para nelayan, khususnya nelayan kecil. Para nelayan itu menderita kerugian baik materi maupun non-materi. ”Terkurasnya sumber daya laut oleh kapal-kapal asing membuat tangkapan para nelayan jauh menurun,” kata LIPI.

“Ketidakpastian batas laut juga menyebabkan tidak terjaminnya keamanan mereka dari penangkapan oleh aparat negara tetangga saat mereka mencari ikan di perbatasan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah strategi pengelolaan sumber daya maritim yang lebih baik,” imbuh LIPI.


0 comments:

Post a Comment