Selama
hampir tiga dekade, F-15 Eagle dianggap raja pesawat tempur dari langit.
Sampai debut penggantinya, F-22 Raptor, F-15 adalah pesawat tempur superioritas
garis depan udara Angkatan Amerika Serikat.
Bahkan saat
ini, Eagle modern masih dianggap sebagai lawan yang tangguh, dan produsen
Boeing telah mengusulkan versi update yang bisa menjaga badan pesawat terbang
bisa terbang selama satu abad.
Jejak akar
F-15 berasal dari perang udara di Vietnam yang menunjukkan keunggulan jet
tempur Angkatan Udara dan Angkatan Laut Amerika melawan Korea Utara. Tetapi kemudian
merosot di Perang Vietnam.
Pesawat
tempur besar Amerika yang dirancang untuk mengatasi misi udara ke udara dan udara ke darat ternyata berkinerja buruk melawan pesawat
musuh yang lebih kecil. Hal ini
menjadikan keunggulan rasio kill 13: 1
yang dinikmati Amerika di Perang
Korea turun hanya menjadi 1,5: 1 di
Perang Vietnam.
Jet tempur
kontemporer, seperti F-4 Phantom, dirancang dengan asumsi bahwa rudal
udara ke udara telah mengakhiri era dogfights hingga kebutuhan akan maneuver juga
tidak menjadi begitu penting. Tetapi Perang Vietnam menunjukkan hal itu tidak
terbukti.
Angkatan
Udara Amerika Serikat akhirnya memutuskan mereka membutuhkan sebuah jet tempur
yang berpredikat superioritas udara, yang menggabungkan dua mesin yang kuat,
radar kuat, serta senjata dan rudal dalam jumlah besar. Di atas semua, pesawat
harus memiliki kemampuan maneuver untuk memenangkan pertarungan udara jarak
dekat.
Angkatan
Udara mengeluarkan permintaan proposal untuk pesawat tempur FX baru pada tahun
1966. Tidak kurang dari enam perusahaan
bersaing dengan memberikan desain di atas kertas tanpa ada prototipe dibangun.
Angkatan
Udara kemudian memilih McDonnell Douglas
(sekarang menjadi bagian dari Boeing) pada tahun 1969, memesan 107 pesawat
pengembangan skala penuh.
F-15 adalah
pesawat yang tangguh. Versi awal yang didukung oleh dua mesin turbofan
afterburning Pratt & Whitney F100-PW-100 yang memuntahkan kekuatan 14.500
pon dan 23.500 dengan afterburner.
Kekuatan ini
memberi pesawat rasio dorong berat lebih
besar dari satu, sehingga begitu kuatnya F-15 menjadi pesawat tempur pertama
yang melebihi kecepatan suara dalam penerbangan vertikal. F-15 memiliki begitu banyak tenaga dorong dan bisa
naik ke ketinggian 65.000 kaki hanya dalam 122 detik. Dalam penerbangan
horisontal, F-15 bisa mencapai kecepatan 2,5 Mach, dan cruise dengan kecepatan
0,9Mach.
Di hidung
pesawat diinstal radar Eagle AN/APG-63 yang merupakan salah satu radar paling canggih. Sebuah radar solid state
yang mampu “melihat ke bawah / menembak jatuh” dan jarak deteksi hingga 200
mil.
Hal ini
memungkinkan F-15 untuk memilih musuh yang terbang rendah tanpa radar terganggu
dengan banyaknya target di bawah yang bisa mengacaukan radar. Radar ini juga yang pertama menggabungkan prosesor
sistem pemrograman, yang memungkinkan upgrade moderat cukup dilakukan melalui
software tanpa update hardware.
Eagle
awalnya dipersenjatai dengan empat rudal dipandu radar AIM-7 untuk menyerang target jarak jauh dan empat
rudal dipandu inframerah AIM-9
Sidewinder untuk pertempuran jarak pendek. Dalam perang udara di atas Vietnam,
F-4C Phantom Angkatan Udara Amerika tidak menggunakan canon yang menjadi salah
satu titik lemah. Kelemahan ini ditutup di
F-15 dengan memasang canon gatling gun M61 Vulcan 20 mm.
F-15 juga
dirancang untuk melakukan misi jarak jauh.
Membawa tiga tangki bahan bakar enam ratus pon, F-15 memiliki jangkauan
3.000 mil, sehingga memungkinkan untuk terbang dari benua Amerika Serikat ke
Eropa tanpa berhenti atau pengisian bahan bakar di udara.
Hal ini akan
memungkinkan untuk cepat memperkuat pertahanan udara NATO dalam kasus krisis di
Eropa, dan kemudian memungkinkan
Angkatan Udara untuk segera mengirimkan F-15 ke Arab Saudi selama Operasi Badai
Gurun.
Prototipe
F-15 pertama terbang pada tahun 1972, dan seri produksi dimulai pada tahun 1973. Pesawat dengan cepat
mulai mengisi Angkatan Udara Amerika dan sekutu
termasuk Israel, Jepang dan Arab Saudi.
F-15
mencetak hit membunuh pertama pada 27 Juni, ketika pilot ace Angkatan Udara
Israel Moshe Melnik menembak jatuh
MiG-21 Angkatan Udara Suriah. Melnik akhirnya menembak jatuh empat pesawat dari
F-15A dan F-15C milik AU AS.
Aksi Melnik
ini menjadi adalah awal yang luar biasa dari F-15 dengan 104 kemenangan udara ke udara dengan tanpa satupun Eagle yang ditembak jatuh. F-15 Israel, Saudi dan
Amerika bertanggung jawab atas jatuhnya
104 pesawat lawan.
Isral tercatat antara tahun 1979 dan 1982 nenembak
jatuh MiG-25 Foxbat, MiG-21 dan MiG-23 Suriah. Selama Perang Teluk 1991, F-15
Amerika dan Arab menembak jatuh MiG-29 Fulcrum, Mirage F-1 dan bahkan pesawat
transportasi Il-76 Irak. Satu F-15E Strike
Eagle bahkan mencetak "Kill" sebuah helicopter serang Mi-24 Irak dengan bom yang dipandu laser.
F-15A
akhirnya digantikan dalam produksi F-15C yang menggunakan radar aperture
sintetis AN/APG-70 dan mesin baru F100-PW-220. Program terbaru, dijuluki
Golden Eagle, menekankan tes kekuatan F-15C Angkatan Udara Amerika. Dari
178 pesawat dalam kondisi fisik terbaik
dengan setidaknya menerima radar baru AESA APG-63V3 dan Joint Helmet Mounted
Cuing System, yang memungkinkan akuisisi target dengan cepat dengan rudal
inframerah.
Pada akhir
1980-an, F-15E dikembangkan untuk melengkapi dan akhirnya menggantikan bomber
tempur F-111 sebagai pesawat penetrasi dan serang kecepatan tinggi pesawat yang dirancang untuk menyerang jauh di
belakang garis musuh dalam perang NATO melawan Pakta Warsawa di Eropa.
Model E
menambahkan tangki bahan bakar konformal untuk meningkatkan jangkauan dengan
payload bom berat, radar APG-63, dan pod penargetan LANTRIN. Dengan
pensiunnya F-111, F-15E “Strike Eagle”
sekarang menjadi bomber tempur utama Angkatan Udara Amerika Serikat.
USAF membeli
F-15 terakhir pada tahun 2001, namun
penjualan asing terus menghidupkan lini produksi. Dalam beberapa tahun terakhir
Boeing mencoba lagi menarik minat Angkatan Udara AS, pertama dengan pesawat semi
siluman Silent Eagle pada 2010. Pada 2016,
Boeing kembali memperkenalkan F-15 Eagle 2040C yang dirancang untuk membawa sampai 16 rudal
AIM-120D AMRAAM, lebih dari empat kali jumlah aslinya. Talon HATE datalink akan memungkinkan desain
ditingkatkan untuk berjaringan dengan F-22 Raptor.
Hari ini,
USAF masih mempekerjakan sekitar 177 upgrade F-15C dan varian dua kursi D, dan
sekitar 224 F-15E Strike Eagle. F-15 dikerahkan di pangkalan di Eropa dan Asia,
terutama di RAF Lakenheath di Inggris dan Pangkalan Kadena di pulau Okinawa Jepang.
F-15J Jepang
juga beroperasi dari Okinawa, dan diduga terlibat dalam sebuah pertemuan udara
pada Juni 2016 yang melibatkan Su-30
Flanker China. F-15E saat ini juga ditempatkan di Incirlik Air Base, Turki
untuk bergabung dalam serangan udara melawan ISIS di Irak dan Suriah.
Dalam dunia
yang masih didominasi oleh pesawat tempur generasi keempat, F-15 memang sudah
tua, tetapi masih sangat tangguh. Kurangnya jumlah yang cukup dari F-22 Raptor
untuk menggantikan Eagle menjadikan F-15 tidak jadi dipensiun dan tetap menjadi
andalan dan sekarang sedang dilatih untuk melengkapi F-22 di medan perang.
Pengganti
yang layak untuk F-15 sepertinya belum akan ada sampai awal 2030 sebelum model
C dan E yang tersisa pensiun. F-15
hampir pasti akan menghabiskan setengah abad mengesankan dalam layanan
aktif di Angkatan Udara Amerika.
0 comments:
Post a Comment