Tuesday 14 February 2017

Polandia: Selamat Datang Black Hawk, Selamat Tinggal Mil


Polandia tengah melakukan  program modernisasi militernya yang akan dimulai pada  2017 dengan menambahkan dua helikopter Black Hawk. Selanjutnya akan ada total 16 helikopter ini untuk menggusur armada mereka yang dibangun era Soviet Mi-8, Mi-14 dan Mi-17.

Menteri pertahanan Polandia Antoni Macierewicz kepada kantor berita Polandia mengatakan Black Hawks dijadwalkan tiba pada bulan Maret 2017. “Ini merupakan proses yang panjang, karena semua dokumen harus berkonsultasi melintasi Atlantik,” kata Macierewicz.

Setelah dua Black Hawks tiba, Warsawa akan memilih apakah Lockheed Martin, Leonardo atau Airbus untuk melengkapi sisa armada 16 unit. Defense News mencatat helikopter serang baru akan menjadi pengganti 12 Mil Mi-8/17.

Pembelian 16 helikopter hanyalah sebagian kecil dari upaya Warsawa untuk mendongkrak kekuatan militer mereka. Polandia telah menetapkan anggaran US$14,5 miliar atau sekitar Rp193 triliun untuk pembelian senjata. Angkatan bersenjata Polandia juga akan menambah 1.200 UAV, tiga kapal angkatan laut, dua kapal perusak ranjau, dan sejumlah kapal selam yang masih dipertimbangkan.

Keputusan Polandia untuk meningkatkan kekuatan mereka didorong oleh kekhawatiran dengan Rusia yang dinilai semakin agresif. Mereka khawatir apa yang terjadi di Crimea dan Ukraina pada akhirnya juga akan bergerak ke Polandia.


0 comments:

Post a Comment