Saturday 3 December 2016

Pemberontak Tembak Pesawat Suriah Di Aleppo


Kelompok pemberontak yang menguasai bagian Timur Aleppo, Suriah menembak jatuh sebuah pesawat Angkatan Bersenjata Suriah dan menewaskan kru. Al-Mayadeen news channel yang berbasis di Lebanon melaporkan Sabtu 3 Desember 2016 insiden itu terjadi tidak jauh dari wilayah bandara Aleppo.

Para militan menembak jatuh pesawat dua kursi L-39 Albatros yang sebenarnya adalah pesawat latih tetapi telah dikonversi untuk melakukan misi serangan. Pesawat ini diproduksi oleh perusahaan Republik Aero Vodochody sampai 1996. Al Mayadeen juga melaporkan bahwa mayat salah satu pilot, kolonel Jafar Hasan, sudah ditemukan. Pencarian untuk mayat pilot kedua saat ini sedang berlangsung. Pejabat Angkatan Bersenjata Suriah belum mengomentari insiden tersebut sejauh ini. 

Pasukan pemerintah Suriah telah berjuang melawan kelompok-kelompok pemberontak di Timur Aleppo selama beberapa bulan. Tetapi sejauh ini meski dibantu dengan kekuatan penuh Rusia, pemberontak masih belum mampu dipukul mundur dari kota itu.

Rusia dan Suriah pernah memberikan jeda serangan guna memberi kesempatan pemberontak meninggalkan kota dengan jaminan keamanan. Tetapi seruan itu tidak digubris oleh pemberontak yang menyatakan akan bertempur sampai titik darah penghabisan.

0 comments:

Post a Comment