Marsekal Leo Davies, Kepala Angkatan Udara Australia (RAAF)
mengaku saat ini dia memimpin salah satu Angkatan Udara paling modern dan
paling mampu di kawasan Asia-Pasifik.
“Peran angkatan udara kami semakin meningkat,” kata Davies
kepada Flightglobal Jumat 17 Februari 2017. “Kami sekarang adalah angkatan
udara yang canggih dan semakin lebih canggih. Kita memiliki pilihan untuk serangan darat, kontrol
udara, dan pertempuran maritime. Kami memiliki banyak pilihan. Ini kunci yang
kita punya. ”
Salah satu bidang utama di mana RAAF baru-baru masuki adalah
kemampuan perang elektronik atau
electronic warfare (EW ). Kemampuan yang akan dipamerkan kepada publik di Australia Air Show yang akan digelar di
Avalon.
EA-18 Growler
Pada acara itu, Australia akan menyambut kedatangan pesawat
Boeing EA-18G Growler baru. Angkatan
Udara Australia kini telah mendapatkan 12 pesawat yang dibeli dari Amerika dan telah bekerja sama dengan Angkatan Laut AS di Whidbey Island,
Washington, untuk melatih personil dan mengembangkan kemampuan pesawat ini.
Misi EW adalah salah satu andalan kekuatan udara AS. Kesediaan Washington untuk
berbagi kemampuan ini dengan Canberra membuktikan hubungan dekat antara kedua
negara. Davies mengatakan RAAF Growler
baru-baru ini telah terbang sortie pelatihan dengan seluruh personelnya dari
Australia.
“Semua Growler siap untuk datang (ke Australia),”
katanya. Dia mengatakan Angkatan Udara
Australia menganggap Growler sebagai
aset “kinetik”.
Davies menekankan sifat bersama dari platform Growler. Dia
memperkirakan bahwa 75% dari misi pesawat ini tidak akan beroperasi bersama
RAAF F/A-18 A/B Hornet dan F/A-18 F
Super Hornets. Sebaliknya, itu akan menghabiskan sebagian besar untuk dukungan
darat dan kekuatan maritim. “Ini benar-benar sebuah platform bersama,” katanya.
Akuisisi lain yang dilakukan Australia adalah jet tempur
generasi kelima F-35A Lightning II.
Sejauh ini, angkatan udara telah menerima dua pesawat yang bergabung di pusat pelatihan bersama
F-35 I Luke AFB, Arizona. Canberra secara keseluruhan akan membeli 72 pesawat, dan bahkan bisa bertambah menjadi
100 pesawat dalam jangka panjang.
Meski sejumlah kritik masih menghujani program F-35, Davies
tetap percaya dengan kemampuan pesawat siluman ini. “Sekarang sudah ada lebih
dari 200 pesawat disampaikan, yang beroperasi di 12 lokasi, dengan lebih dari
75.000 jam terbang,” katanya. “Lebih dari 380 pilot dan 3.700 pengelola telah
dilatih atau berada di bawah pelatihan.
Hal ini tidak akan terjadi jika program
tersebut bermasalah. ”
F-35A pertama Australia akan secara resmi dibawa pulang pada
2018. Namun dalam pameran dirgantara nanti mereka akan datang untuk unjuk
kemampuan.
Angkatan Udara Australia saat in mengoperasikan 71 F/A-18 A/B Hornet yang nantinya akan digantikan oleh
F-35. Hornet akan tetap menjadi pekerja keras sampai seluruh penggantinya
datang. Davies mengatakan rata-rata tingkat aktivitas setiap
pesawat telah meningkat 1.000 jam setiap tahun sebagai akibat dari
detasemen tempur ke Timur Tengah.
F/A-18 Super Hornet
Hornet telah menjadi kekuatan utama Australia mendukung
koalisi anti-ISIS di Irak dan Suriah dengan terbang lebih dari 1.500 sorti, melepaskan 1.250 senjata. Sementara
F/A-18F Super Hornet yang juga dikirim melakukan 418 sorti dan menjatuhkan 278 amunisi hingga
Januari. “Ini adalah jumlah yang cukup besar untuk kekuatan kecil,” kata
Davies.
Selain mengirimkan Hornet dan Super Hornet Angkatan Udara
Australia juga mengirimkan pesawat tanker transportasi A330 / KC-30A dan sebuah pesawat peringatan dini dan
kontrol udara (AEW&C) Boeing E-7 Wedgetail ke misi tersebut.
Davies mengatakan KC-30A telah sangat efektif selama kampanye
dengan memberikan hampir 70,000,000lb bahan bakar, dan E-7 yang berbasis pada Boeing 737 juga tampil
sangat baik dalam peran AEW&C.
Kekuatan Intelijen Udara
Gulfstream G550
Untuk melengkapi Wedgetail dan Growler, Angkatan Udara
Australia juga dalam proses untuk mendapatkan dua jet bisnis Gulfstream G550
yang akan dimodifikasi untuk misi intelijen elektronik.
“Pada white paper pertahanan 2016, kami menemukan ada peran
koordinasi peperangan elektronik yang tidak diisi,” kata Davies. “G550 akan
berfungsi sebagai konduktor orkestra.”
Layanan masih melihat bagaimana tepatnya aset-aset ini akan bekerja
sama.
“Pusat perang udara kami melihat sebuah lingkungan maritim,
dalam hal ini Growler akan mendukung kapal seperti kapal masa depan dan
destroyer perang udara, menyediakan angkatan laut dengan opsi elektronik jarak
jauh. G550, Wedgetail dan Growler adalah bagian dari misi EW. Kami tidak
ingin memiliki Wedgetail yang harus melakukan kontrol udara di lingkungan
padat, tetapi juga harus mengirim paket
ke F-35 atau destroyer. Hal ini akan menjadi peran G550. ”
Untuk misi intelijen,
pengawasan dan pengintaian , Angkatan Udara Australia juga berencana untuk mendapatkan sistem udara tak berawak bersenjata
ketinggian menengah, daya tahan lama atau armed medium-altitude, long-endurance
(MALE). Sebuah keputusan bisa dilakukan tahun ini dengan pilihan antara General Atomics Aeronautical Systems ‘MQ-9
Reaper atau keluarga Heron yang dibangun Israel Aerospace Industries. “Kami
masih melihat pilihan,” kata Davies, “tetapi
keputusan tidak akan terlalu lama”
MQ-9 Reaper
Selain sistem MALE, Canberra berkomitmen untuk
mengakuisi Northrop Grumman MQ-4C
Triton. Drone ini akan memiliki
ketahanan terbang 24 jam yang akan memungkinkan untuk melakukan patroli di
sepanjang perbatasan utara Australia.
MQ-4C Triton
Triton akan bekerja erat dengan pesawat patroli maritime Boeing P-8A
Poseidon. Canberra memiliki pesanan delapan pesawat yang dibangun dari Boeing
737 ini dan kemungkinan akan menambah tujuh pesawat lagi jika mengacu pada
saran white paper 2016.
Angkatan Udara Australia telah menerima pengiriman satu
pesawat sejauh ini yang ditempatkan di Pangkalan Edinburgh di Australia
Selatan. Davies memperkirakan bahwa P-8 selanjutnya akan tiba dengan interval
20-bulan.
Kemampuan yang ditawarkan oleh kombinasi P-8A / Triton akan
menggantikan armada AP-3C Orions yang sudah tua. Tiga pesawat Orions sudah pensiun dan dua yang lain akan
menyusul.
Airlift Tangguh
C-17
Dalam hal angkutan udara atau airlift Davies mengaku sangat puas dengan kemampuan
RAAF. Layanan ini memiliki berbagai pilihan untuk transportasi.
Mereka memiliki
delapan Boeing C-17, 12 Lockheed C-130J Super Hercules dan empat Leonardo
Alenia C-27J. Untuk C-27J akan bertambah menjadi 10 pesawat pada akhir 2018.
C-27 J
Davies mengatakan angkutan strategis dan taktis juga
dilengkapi lima KC-30A yang selain
memiliki peran tanker, pesawat ini dapat
membawa 270 penumpang dan memiliki kapasitas untuk 34 ton kargo militer dan
sipil.
” KC-30A telah terbukti menjadi seperti pesawat besar untuk
membawa orang-orang yang kami,” katanya.
KC-30A
RAAF telah memesan dua tambahan KC-30A, yang akan dikonversi
dari A330-200 eks Qantas Airlines. Salah satunya akan memiliki akomodasi VVIP,
yang akan memungkinkan perdana menteri Australia atau pejabat tinggi lain terbang rute jarak jauh untuk urusan
pemerintah bersama dengan membawa staf dan wartawan.
0 comments:
Post a Comment