Monday 5 December 2016

Amerika Yakin Virginia Class Masih Lebih Baik Dari Yasen Class


Rusia terus mengembangkan dan membangun kapal selam baru yang canggih seperti kapal selam serangan nuklir Proyek 885M kelas Yasen. Angkatan Laut AS mengakui kapal selam ini memiliki kemampuan menakutkan.

Tetapi Amerika masih meyakini tetap mempertahankan keunggulan teknologinya. Tidak membangun kapal selam yang benar-benar baru tetapi secara bertahap meningkatkan kemampuan kapal selam serang kelas Virginia mereka.

Saya pikir kami memiliki program yang sangat fokus yang disebut program superioritas akustik untuk memastikan bahwa kami terus memimpin,” Kata Kapten Mike Stevens, Manager Program Kelas Virgnia Naval Sea Systems Command sebagaimana dikutip National Interest beberapa waktu lalu.

Menurutnya Virgnia akan tetap mempertahankan keunggulan mereka bukan saja hari ini tapi 10 hingga 20 tahun ke depan. Profil tertinggi yang direncanakan dalam perbaikan kapal kelas Virginia adalah penambahan modul muatan baru yang meningkatkan kapasitas rudal Tomahawk hingga 40, selain itu juga ada perbaikan acoustical.

Acoustical merupakan elemen penting dari sebuah kapal selam,” kata Stevens. “Stealth adalah aspek utama yang kita fokuskan, jadi kami selalu pergi dari kapal ke kapal melihat kesehatan akustik dan memastikan kita melakukan apa yang kita dapat kita perbaiki”, lanjut Stevens.

Namun, Stevens menjelaskan IIF Angkatan Laut tidak menemukan terobosan acoustical yang signifikan, layanan ini akan membuat setiap usaha untuk retrofit kapal yang tergolong tua. Meski Angkatan Laut menggunakan kelas Virginia sebagai dasar untuk Program Penggantian Ohio, banyak teknologi yang dikembangkan untuk kapal selam rudal balistik baru, dan akhirnya akan menemukan jalan ke Blok baru dari kelas Virginia.

Desain kapal selam modern merupakan proses evolusi. Kapal selam kelas Virginia Blok V adalah kapal pertama yang menggabungkan antara Payload Modul yang ada dan akan lebih panjang 83 kaki dari pendahulunya sebagai akibat dari model kompartemen baru yang lebih besar. Kapal pertama akan mulai dibangun pada tahun anggaran 2019.

Meski badan kapal lebih besar tetapi penurunan kinerja kapal sangat minimal bahkan tanpa modifikasi pada powerplant dan sistem kapal lainnya. selain itu  ada sejumlah modifikasi lain ke kapal selam yang akan membantu untuk mempertahankan keunggulan teknis. 

Di masa depan Menurut Stevens, kelas Virginia Blok terakhir akan membentuk dasar dari generasi SSN (X) pengganti kapal saat ini. Pola ini telah ditata untuk beberapa dekade. Satu hal yang harus dicatat, meski kapal selam Amerika mempertahankan keunggulan teknis, jumlah armada mereka terlalu kecil. Angkatan Laut akan membutuhkan lebih banyak kapal selam serangan untuk melawan kebangkitan Rusia dan juga China.

0 comments:

Post a Comment