Jet tempur
generasi kelima T-50 PAK-FA yang dibangun Rusia memasuki fase kritis. Ini
adalah waktu di mana akan ditentukan apakah pesawat siluman itu akan masuk ke
garis produksi atau tidak.
Pasukan
Aerospace Rusia (VKS) mengatakan pada tanggal 6 Januari bahwa mereka akan
menerima pengiriman lima pesawat pertama yang telah melalukan uji penerbangan
oleh Sukhoi di Gromov Flight Research Institute (LII) di Zhukovsky.
Lima T-50
sekarang akan ditransfer ke Chkalov VKS State Flight Test Centre base No. 929
di Akhtubinsk. Setelah di pusat pengujian ini, pesawat akan dimasukkan dalam
program pengujian bersama negara yang memungkinkan untuk pilot militer secara
bertahap mengambil alih validasi pesawat. Program pengujian bersama ini secara
teori menjadi proses terakhir prototipe pesawat sebelum lampu hijau produksi
diberikan untuk T-50.
Program
pengujian ini sendiri akan dilakukan dalam dua tahap. Pertama, pilot industri
yang telah menerbangkan T-50 akan melatih kader pilot militer untuk
menerbangkan pesawat. Pada tahap kedua, penerbangan akan dilakukan sepenuhnya
oleh pilot VKS dan memvalidasi apakah pesawat tersebut memenuhi persyaratan
operasional layanan.
Spesialis
industri pertahanan Rusia, berbicara dengan syarat anonim, mengatakan kepada
AIN Online Kamis 19 Januari 2017, bahwa otorisasi untuk T-50 apakah masuk
produksi atau tidak harus menunggu sampai hasil akhir dari program pengujian
negara bersama.
“Tim uji
penerbangan VKS bisa mengeluarkan laporan awal yang menyatakan bahwa poin utama
dari validasi telah berhasil diselesaikan dan produksi mungkin bisa dimulai,”
katanya.
Dia mencatat
bahwa dalam beberapa program sebelumnya, persetujuan untuk produksi seri
diberikan sebelum program pengujian secara resmi benar-benar selesai. Tapi
spesalis industry lain menilai sepertinya tidak mungkin hal itu terjadi dengan
T-50.
”T-50 merupakan program prioritas bagi Mikhail Pogosyan (mantan CEO UAC), tapi karena ia digantikan tampaknya telah jatuh dari daftar prioritas
VKS. Mungkin tidak lagi menjadi dorongan birokrasi besar untuk melihat pesawat
ini bergegas masuk ke dalam produksi.”
Alasan kedua bahwa ini adalah mesin tempur generasi baru dan radar AESA untuk T-50
masih belum siap untuk seri produksi dan harus disertifikasi pada pesawat. Saat
ini T-50 dilengkapi dengan mesin jet Saturn 117 dan radar pasisf NIIP- N035
Irbis yang merupakan bagian dari konfigurasi standar untuk Su-35.
Setelah dari
jalur produksi dan diterima ke dalam layanan, seri-produksi pesawat T-50
pertama akan diserahkan ke Kementerian Pertahanan Rusia untuk kemudian akan
melakukan pengujian tempur. Pada tahap ini pilot VKS yang telah menyelesaikan
program pengujian bersama negara dan akan menciptakan kader instruktur pilot
diambil dari unit-unit tempur untuk menjadi operator T-50 pertama.
0 comments:
Post a Comment