Friday, 20 January 2017

Penentuan Nasib, T-50 Masuk Fase Penting


Jet tempur generasi kelima T-50 PAK-FA yang dibangun Rusia memasuki fase kritis. Ini adalah waktu di mana akan ditentukan apakah pesawat siluman itu akan masuk ke garis produksi atau tidak.

Pasukan Aerospace Rusia (VKS) mengatakan pada tanggal 6 Januari bahwa mereka akan menerima pengiriman lima pesawat pertama yang telah melalukan uji penerbangan oleh Sukhoi di Gromov Flight Research Institute (LII) di Zhukovsky.

Lima T-50 sekarang akan ditransfer ke Chkalov VKS State Flight Test Centre base No. 929 di Akhtubinsk. Setelah di pusat pengujian ini, pesawat akan dimasukkan dalam program pengujian bersama negara yang memungkinkan untuk pilot militer secara bertahap mengambil alih validasi pesawat. Program pengujian bersama ini secara teori menjadi proses terakhir prototipe pesawat sebelum lampu hijau produksi diberikan untuk T-50.

Program pengujian ini sendiri akan dilakukan dalam dua tahap. Pertama, pilot industri yang telah menerbangkan T-50 akan melatih kader pilot militer untuk menerbangkan pesawat. Pada tahap kedua, penerbangan akan dilakukan sepenuhnya oleh pilot VKS dan memvalidasi apakah pesawat tersebut memenuhi persyaratan operasional layanan.

Spesialis industri pertahanan Rusia, berbicara dengan syarat anonim, mengatakan kepada AIN Online Kamis 19 Januari 2017, bahwa otorisasi untuk T-50 apakah masuk produksi atau tidak harus menunggu sampai hasil akhir dari program pengujian negara bersama.

“Tim uji penerbangan VKS bisa mengeluarkan laporan awal yang menyatakan bahwa poin utama dari validasi telah berhasil diselesaikan dan produksi mungkin bisa dimulai,” katanya.

Dia mencatat bahwa dalam beberapa program sebelumnya, persetujuan untuk produksi seri diberikan sebelum program pengujian secara resmi benar-benar selesai. Tapi spesalis industry lain menilai sepertinya tidak mungkin hal itu terjadi dengan T-50.

”T-50 merupakan program prioritas bagi Mikhail Pogosyan (mantan CEO UAC), tapi karena ia digantikan tampaknya telah jatuh dari daftar prioritas VKS. Mungkin tidak lagi menjadi dorongan birokrasi besar untuk melihat pesawat ini bergegas masuk ke dalam produksi.”

Alasan kedua bahwa ini adalah mesin tempur generasi baru dan radar AESA untuk T-50 masih belum siap untuk seri produksi dan harus disertifikasi pada pesawat. Saat ini T-50 dilengkapi dengan mesin jet Saturn 117 dan radar pasisf NIIP- N035 Irbis yang merupakan bagian dari konfigurasi standar untuk Su-35.


Setelah dari jalur produksi dan diterima ke dalam layanan, seri-produksi pesawat T-50 pertama akan diserahkan ke Kementerian Pertahanan Rusia untuk kemudian akan melakukan pengujian tempur. Pada tahap ini pilot VKS yang telah menyelesaikan program pengujian bersama negara dan akan menciptakan kader instruktur pilot diambil dari unit-unit tempur untuk menjadi operator T-50 pertama.

0 comments:

Post a Comment