Tuesday 20 December 2016

Korea Selatan Upgrade Kemampuan F-16 untuk Hancurkan Korea Utara


Korea Selatan melengkapi jet tempur F-16 Fighting Falcon mereka dengan bom dan rudal yang mampu menghantam target di Korea Utara dari kisaran 50-180 kilometer.

Menurut kantor berita Korea Selatan, Yonhap, jet tempur F-16 akan dilengkapi dengan rudal udara ke darat dipandu GBU-31JDAM (Joint Direct Attack Munition) yang mampu menghantam fasilitas bawah tanah, dan rudal udara ke udara jarak menengah AIM-120 yang mampu menjatuhkan pesawat pada kisaran 50 sampai 180 kilometer.

Proyek F-16 Peace Bridge Upgrade (PBU) dimulai pada bulan November 2009, ketika pemerintah Korea Selatan menandatangani kesepakatan dengan perusahaan pertahanan kedirgantaraan AS Lockheed Martin untuk mengupgrade jet tempur garis depan mereka. Sebanyak 30 jet telah dilaporkan telah ikut program ini sejak Oktober 2013.

Pada tanggal 12 Desember, Korea Utara mengancam akan melancarkan serangan udara di Seoul, setelah Korea Selatan dan Amerika Serikat melakukan latihan udara tahunan mereka, yang berlangsung sampai 5 Desember di tengah meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea.

Ini adalah ancaman kesekian kali dari Pyongyang akan melakukan serangan ke tetangganya yang secara teknis memang masih dalam keadaan perang. Kedua Negara baru terikat pada perjanjian gencatan senjata bukan perjanjian damai.

0 comments:

Post a Comment