Wednesday 21 December 2016

AS Memastikan Penempatan Aset Strategis Secara Teratur di Korea


Pemeritah Amerika Serikat meyakinkan Seoul terkait komitmen Washington untuk menempatkan secara teratur aset strategis AS di Semenanjung Korea untuk menanggapi ancaman misil dan nuklir Korea Utara.

Korea Selatan dan Amerika Serikat menegaskan kembali janji Washington untuk mempertahankan Korea Selatan dalam pertemuan Kelompok Konsultasi Baru dan Strategi Sistem Pencegahan yang Luas (EDSCG) yang pertama di washington hari Selasa (20/16/2016).

Kedua negara juga menegaskan kembali janji AS untuk mengambil langkah-langkah tambahan dan baru untuk memperkuat aliansi pertahanan.

Mereka juga menegaskan berbagai langkah yang telah diambil dalam tahun ini seperti kemampuan misil AS dan penerbangan pesawat pembom nuklir B-52 di atas udara Semenanjung Korea. Selain itu ada uji penembakan misil balistik Minuteman III yang disaksikan pejabat Korea Selatan, serta kunjungan ke kapal selam nuklir AS.

Pencegahan yang Luas memiliki makna jika sekutu AS mendapat ancaman serangan nuklir, maka AS akan memberikan perlindungan dengan payung nuklir, pertahanan misil serta senjata konvensional.

Dalam kesempatan itu kedua pihak juga melakukan pembahasan secara mendalam dan menyeluruh mengenai peningkatan bidang diplomasi, informasi, militer dan ekonomi.

0 comments:

Post a Comment