Friday 2 December 2016

PT DI Mulai Melebarkan Sayapnya Ke Arab Saudi


Indonesia dan Arab Saudi membahas persyaratan program kolaboratif yang dapat mendukung ekspor kedirgantaraan militer dari Indonesia dan bantuan industri terkait. Dilansir dari IHS Jane (29/11/2016), seorang pejabat dari PT Dirgantara Indonesia mengatakan bahwa proyek kolaboratif sedang berkembang menjadi government-level agreement, tapi rincian dari perjanjian tersebut belum selesai.

Meskipun demikian, ini menegaskan bahwa kerjasama diharapkan mampu mendukung penjualan produk kedirgantaraan militer PT DI ke Arab Saudi serta ketentuan perusahaan Indonesia dalam memberikan jasa pemeliharaan, perbaikan dan overhaul (MRO) untuk produk PT DI. Kolaborasi dalam manufaktur kedirgantaraan juga merupakan sebuah kesempatan.

Diskusi ini adalah titik awal untuk kerjasama. Rincian belum final tapi melalui perjanjian government-to-government kita bisa memberikan bantuan kepada industri Arab Saudi di daerah termasuk produksi dan pemeliharaan. Tapi ini hanya akan berlaku untuk produk PT DI di dalam negeri.

Platform utama PT DI yang dioperasikan Arab Saudi adalah pesawat angkut menengah CN235, dimana perusahaan Indonesia memproduksinya dibawah lisensi Airbus. Royal Saudi Air Force telah mengoperasikan empat unit pesawat CN235 sejak akhir 1980-an. PT DI juga mencari pasar ekspor di Arab Saudi untuk pesawat angkut ringan NC212 Airbus dan light utility transport aircraft N-219, yang sedang dikembangkan.

0 comments:

Post a Comment