Mengapa
mesin jet tempur lebih keras suaranya dari pesawat sipil?. Bagaimana jika
tiba-tiba mesin jet tempur mati di udara?. Apa bedanya mengendalikan pesawat
militer dan pesawat sipil?. Kira-kira Lebih mudah mana?
Ada banyak
pertanyaan simpel tetapi membingungkan terkait opersional pesawat militer dan
pesawat sipil.
John Cox,
mantan kapten US Airways dan sekarang mendirikan perusahaan keselamatan
penerbangan menjawab berbagai pertanyaan tersebut.
Mengapa
mesin jet militer jauh lebih keras daripada mesin jet pesawat komersial?
Jet militer
merupakan turbojet murni, sedangkan pesawat komersial adalah fanjet. fan
menghasilkan udara kecepatan rendah yang bertindak sebagai insulator energi
udara tinggi yang dihasilkan oleh inti mesin, sehingga meredam kebisingan.
Bagaimana
pesawat komersial dan pesawat militer berbagi area di langit?
Kontrol lalu
lintas udara melakukan pekerjaan besar untuk menjaga pesawat terbang terpisah,
baik itu komersial, pribadi atau militer. Selain itu, cabang militer memiliki
wilayah udara khusus yang dapat mereka gunakan untuk pelatihan dan manuver.
Lebih mudah
mana, menjadi pilot pesawat komersial atau pesawat militer?
Tergantung
pada jenis pesawat yang digunakan. Menerbangkan sebuah pesawat komersial sangat
mirip dengan pesawat terbang kargo militer. Pesawat taktis dan tempur melakukan
pekerjaan yang sama sekali berbeda sehingga sulit membandingkan mereka.
Apa yang
menentukan ketinggian sebuah pesawat?, Mengapa sebuah MIG-29 bisa terbang pada ketinggian 70.000
kaki dan F/A-18 hanya 50.000?
Desain
pesawat dan mesin menentukan dalam hal tersebut. MIG-29 dan F/A-18 dirancang untuk
dua alasan yang berbeda. MIG-29 adalah pesawat tempur superioritas udara pada ketinggian yang sangat tinggi, sedangkan F/A-18 adalah pesawat multi-peran tempur /
serangan angkatan laut. F/A-18 tidak dimaksudkan untuk bertempur di ketinggian
yang sangat tinggi, pesawat tempur AS lain yang melakukan tugas itu.
Pesawat
F-111 terbukti efektif selama dua Perang Teluk, mengapa kemudian pesawat itu
dipensiun dengan cepat?
Teknologi
F-111 bukan datang dari masa depan, tapi itu dirancang pada pertengahan
1960-an. Setelah Perang Teluk, para perencana militer menyimpulkan pesawat lain
bisa memenuhi kebutuhan strategis armada dan F-111 akhirnya dipensiunkan.
Apakah
seorang pilot F-16 masih memiliki kontrol pada pesawat jika tiba-tiba mesin
mati di udara?, Seberapa jauh bisa pesawat meluncur?
Ya, F-16
dapat mendarat tanpa mesin. Telah dilakukan di masa lalu. Rasio meluncur dari
sebuah Fighter tidak terlalu tinggi, sehingga tidak akan pergi terlalu jauh
dibandingkan dengan pesawat jenis lain, tetapi jika ada landasan dalam kisaran
pendek pilot bisa mendaratkan pesawat.
Seberapa
jauh CT-114 Kanada dapat meluncur jika harus kehilangan kekuatan di ketinggian
500 kaki dengan kecepatan tinggi?, Jika tanpa daya dapatkah CT-114 berbalik 45
derajat ke kanan?
Saya tidak
tahu jarak yang tepat, tetapi jet militer yang kehilangan mesin pada ketinggian 500 kaki harus
mengkonversi kecepatan udara ke ketinggian dengan cepat. Jika ada cukup
kecepatan udara untuk mengubah menjadi ketinggian, ada kemungkinan untuk CT-114
mendarat di bandara jika kegagalan mesin terjadi selama airshow. Ya, CT-114
dapat mengubah arah tanpa mesin yang berjalan.
Apakah Anda
pernah melihat jet tempur terbang bersama Anda hanya untuk menyapa atau bahkan
sedikit bersenang-senang?
Tidak, jet
tempur tidak “menyapa” atau sedikit bersenang-senang dengan pesawat.
0 comments:
Post a Comment