Thursday 16 February 2017

Meski Canggih, Rusia Masih Iklankan Su-35


Tidak bisa dipungkiri Su-35 jet tempur yang sangat canggih dan berbahaya milik Rusia. Tetapi juga tidak bisa dipungkiri, jet tempur super maneuver ini belum mendapatkan pasar yang memuaskan. Hal inilah sepertinya yang mendorong Rusia memunculkan sebuah video jet tempur Su-35 untuk bisa  mendorong penjualan ekspor.

Rusia terus berjuang untuk menjual jet tempur dua mesin ini. Pesawat kursi tunggal multi peran ini mengandalkan kecepatan dan kelincahan yang sulit ditandingi.


Berbeda dengan F-22 dan F-35, Su-35 bukanlah pesawat tempur siluman dan lebih bergantung  pada keterampilan pertempuran dogfight. Namun pesawat dilengkapi dengan teknologi radar dan rudal canggih yang akan meningkatkan daya cium dan daya bunuh pesawat ini.

Sejauh ini baru China yang telah membeli 24 SU-35 senilai sekitar $ 2 miliar. Hal ini menjadikan berbagai pertanyaan kenapa jet tempur canggih ini tidak mendapat pasar tinggi meski banyak negara disebut menyatakan minatnya, termasuk Indonesia.

Pesawat ini memiliki kecepatan maksimum 2,25 Mach di 36.000 kaki  dan membawa 8,000 Kg senjata dengan jangkauan sekitar 1.000 mil.


Rusia mengklaim pesawat ini lebih baik dari pesawat generasi keempat barat, seperti F-16 dan F-15 Amerika, Rafale Prancis dan Typhoon. Bahkan Su-35 disebut-sebut akan mampu mengimbangi F-22 Raptor dan memukul mundur F-35.

0 comments:

Post a Comment